ilustrasi konstruksi produsen baja ringan
Baja

Bingung Memilih Produsen Baja Ringan? Yuk, Ketahui Lebih Dulu Tentang Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan

Karena semakin banyak yang menggunakan baja ringan untuk membuat bangunan, maka sekarang ini semakin banyak produsen baja ringan yang membuat baja ringan sesuai dengan SNI. Ya, bisa dilihat jika makin banyak yang lebih memilih baja ringan untuk menjadi salah satu komponen dalam pembangunan bangun. Ini dikarenakan baja ringan memilih banyak keunggulan. 

Keunggulan Baja Ringan 

Biasanya baja ringan digunakan untuk bahan bagian atap bangunan, baik itu untuk atap rumah, gedung besar, pabrik, tempat parkir, dan bangun lainnya. Ada beberapa keunggulan dari baja ringan yang membuatnya banyak dipilih sebagai bahan atap bangunan. 

  1. Ringan dan Mudah Dipasang 

Seperti namanya, baja ringan memang memiliki berat yang ringan jika dibandingkan dengan material lainnya untuk atap. Nah, karena beratnya yang ringan, maka pemasangan baja ringan untuk material atap akan sangat mudah. Sehingga, pekerjaan memasang bagian atap bangunan bisa cepat selesai. 

  1. Mudah Dibentuk dan Disambung 

Keunggulan lainnya dari baja ringan yang diproduksi oleh produsen baja ringan berkualitas, adalah baja ringan adalah material bangun yang mudah untuk dibentuk dan disambung. Ya, baja ringan adalah material bangunan yang mudah dipotong, sehingga Anda bisa membentuk baja ringan sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, baja ringan juga mudah disambung dengan jenis material bangunan lainnya.

  1. Kuat dan Awet 

Mungkin Anda akan berpikir jika baja ringan ini cenderung mudah rapuh karena beratnya yang ringan. Padahal baja ringan adalah material yang kuat dan bisa bertahan lama meskipun material ini sangat ringan. Baja ringan bisa melindungi bangunan secara maksimal, hal ini karena baja ringan tidak mudah berkat dan kuat terhadap cuaca ekstrem. 

  1. Tegangan Tarik Tinggi

Selanjutnya baja ringan memiliki karakteristik yang lentur. Dengan kelenturan yang dimiliki baja ringan, maka semakin besar tegangan tarik atap, sehingga semakin besar juga energi yang diserap. 

Nah, itulah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari baja ringan berkualitas. Tapi meskipun banyak kelebihan, baja ringan pun memiliki beberapa kekurangan juga. Berikut adalah beberapa kekurangan dari baja ringan. 

Kekurangan Baja Ringan 

Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh baja ringan, antara lain adalah: 

  1. Harganya yang mahal, terlebih lagi jika Anda membeli baja ringan dari produsen baja ringan Indonesia dengan kualitas tinggi. 
  2. Mudah terbawa angin, hal ini lantaran berat baja ringan.
  3. Kekurangan lainnya, baja ringan pun rentang roboh jika tidak dipasang dengan benar. 

Itulah beberapa kekurangan dari baja ringan yang perlu Anda ketahui juga. Dengan mengetahui keruangan baja ringan, maka Anda bisa mencari solusi untuk menutupi segala kekurangannya. Pastikan juga Anda membeli baja ringan dari produsen baja ringan yang terpercaya, agar baja ringan bisa awet Anda gunakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *