pemeriksaan kesuburan wanita menggunakan alat cek kesuburan yang akurat
Kesehatan

Rangkaian Pemeriksaan Untuk Mengetahui Masa Subur Pada Wanita

Mempunyai  momongan adalah salah satu impian bagi beberapa pasangan yang sudah  menikah. Berbagai metode serta  program hamil sudah dilakukan, akan tetapi  belum juga membuahkan hasil? Anda dan pasangan mungkin perlu menjalani pemeriksaan kesuburan menggunakan alat cek kesuburan dan menggunakan cara lainnya. 

Dengan menggunakan pemeriksaan untuk cek  kesuburan wanita, dokter bisa dengan mudah menemukan apa yang jadi bisa mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan sulitnya mendapatkan kehamilan. Dokter akan melakukan beberapa pengujian untuk memastikannya. Pada proses pemeriksaan kesuburan pastinya melibatkan kedua pasangan. Meskipun kehamilan terjadi pada kaum wanita, tapi tidak menutup kemungkinan faktor ketidaksuburan ini berasal dari kaum lelaki. Hal ini sudah dijelaskan oleh asosiasi pengobatan reproduksi di Amerika yang menyatakan bahwa sekitar 25% dari kasus sulit hamil mempunai satu atau lebih faktor baik dari dalam maupun luar. 

Selain menggunakan alat cek kesuburan, ada beberapa hal yang perlu di cek untuk mengetahui masa subur seseorang, yaitu :

  • Tes penyakit seksual yang menular misalnya yang bisa jadi menyebabkan kemandulan
  • Tes darah yang berguna untuk memeriksa ada tidaknya sindrom trombofilia dan antifosfolipid yang menyebabkan keguguran. Selain itu, tes ini dilakukan untuk cek kondisi  pada tubuh hormon seperti hormon  LH, FSH,  tiroid, androgen, prolaktin, estradiol (E2), dan progesteron.
  • Ultrasonografi adalah sebuah tes untuk kesuburan yang mana harus dilakukan   untuk mencari ada tidaknya masalah ovarium polikistik rahim. 
  • HSG atau hysterosalpingogram. Tes ini digunakan untuk memeriksa kondisi apakah saluran tuba dalam keadaan  terbuka dan tidak tersumbat dan digunakan juga untuk mengevaluasi bentuk rahim.
  • Tes ini dilakukan dengan cara penempatan kamera  teleskop melalui leher rahim dan masuk ke dalam rahim. Ini dilakukan  untuk melihat secara  dekat ke bagian dalam rahim. Tes ini dilakukan apabila  pemeriksaan HSG menunjukkan adanya potensi kelainan 

Itulah tadi beberapa prosedur tes untuk mendeteksi kesuburan yang harus dilakukan oleh dokter. Selain Itu, Anda bisa menggunakan alat cek kesuburan di rumah secara mandiri dengan menggunakan tespek kesuburan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *