Ilustrasi Pengemasan Makanan yang Telah Digunakan
Makan

Bingung Cara Pakai Vacuum Pack Machine, Ikuti Langkahnya!

Anda baru saja membeli mesin pengemas kedap udara untuk mengemas makanan frozen?

Tetapi, kok makanan yang Anda kemas masih mengandung udara dan membuat produk di dalamnya menjadi cepat basi dari waktu yang seharusnya?

Begini tutorial yang baik menggunakan vacuum pack machine!

  1. Bersihkan makanan yang akan dikemas dengan vacuum dengan cara sterilisasi.

Akan nampak lebih bagus jika Anda memberikan sterilisasi pada makananan (penyinaran atau pemanasan) dengan sebuah alat khusus steril. Makanan yang akan dikemas tentunya masih berada di luar bisa saja bersinggungan dengan udara yang mengandung banyak kuman.

  1. Pilih plastik tebal dan higienis

Plastik yang tebal dan higienis akan memaksimalkan pengemasan lebih tahan lama karena udara sukar untuk masuk. Plastik khusus vakum bisa Anda beli di toko dengan kualitas unggulan dan steril.

  1. Tempatkan makanan jauh dari tangan

Sebelum Anda mulai mengemas makanan sebaiknya makanan dipegang dengan alat, jangan memakai tangan telanjang karena bakteri mudah menempel. Letakkan di area yang jauh dari dapur atau serangga apapun.

  1. Siapkan alat vakum

Setelah itu, Anda siapkan alatnya dan bersihkan dengan lap kering. Kemudian, colokkan kabel ke stop kontak agar alat mulai memanaskan.

  1. Tekan tombol On

Tekan tombol On untuk memulai pengepresan, sembari alat siap digunakan Anda siapkan makanan dalam wadah plastik. Perlu dicermati bahwa posisi makanan akan menentukan seberapa lama ketahanan dalam bentuk frozennya.

  1. Masukkan selang kuat besi sebagai alat perekatan

Setelah siap, Anda pasang selang pengapit atau pengepresnya di bagian plastik. Lakukan dengan benar, semua permukaan terjepit sempurna.

  1. Tekan bagian pedal

Tekan bagian pedal alat dan tunggu sembari mengamati semua plastik tertutup sempurna.

  1. Tunggu hingga plastik maksimal diserap

Alat akan menyerap udara dalam plastik dilanjutkan dengan makanan yang terjepit ketat, kaku. Indikasi Anda sukses mengemas makanan dengan vacuum pack machine sealer adalah seluruh area makanan akan terlindungi lapisan plastik. Jika Anda ingin lebih lama tahan segera masukkan ke dalam mesin pendingin frezeer dengan suhu -18 derajat. Semakin minus suhunya perkembangan kuman atau bakteri semakin kecil.

Jangka ketahanan makanan yang dibekukan mencapai 4-5 bulan dengan perlakuan yang baik.

Untuk usaha makanan beku skala rumahan, Anda bisa memilih mesin vakum dengan tipe DZ 280 A, sangat cocok untuk memulai usaha kelas kecil. Harga yang ditawarkan juga lebih ekonomis, sekitar Rp. 860 ribu – Rp. 1 jutaan. Tipe ini bisa dipakai untuk merekatkan plastik dengan panjang 28 cm, tebal 8 mm dan maksimal bobot 2,4 kg. Mesin vakum tidak hanya bisa dipakai untuk makanan beku saja tetapi dengan model dan tipe tertentu bisa dipakai untuk mengemas makanan kering tanpa pres ketat (tidak dibekukan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *