atap zincalume
Bahan bangunan

Atap Zincalume, Awet dan Tahan Lama

Saat membangun rumah, hal pertama yang paling krusial adalah atap. Atap bukan hanya penutup dari suatu bangunan, melainkan sebagai pelindung dari terik matahari maupun hujan. Untuk itu, sebelum membangun rumah, pastikan memilih material yang kokoh. Salah satunya, atap zilcalume

Apa Itu Atap Zincalume?

Zincalume atau biasa disebut dengan galvalume merupakan atap berbahan dasar seng dan aluminium yang dikombinasikan dengan bahan silikon. Komposisi bahan tersebut berkisar 43% seng, 55% aluminium dan 15% silikon. Dengan campuran silikon itulah mampu menambah kelenturan, sehingga atap ini mudah dibentuk dan dipasang.

Sifat aluminium yang tahan karat, lalu dipadukan dengan seng yang keras menjadikan zincalume memiliki material yang kuat dan tahan dari korosi. Banyak yang beranggapan pula, jika zincalume atau galvalume ini mempunyai ketahanan lebih besar dari atap dengan lapisan galvanis biasa. 

Selain lapisan aluminium, terdapat pula lapisan resin yang membuat materialnya mudah dicat kembali. Lapisan resin juga membuat atap tersebut tidak mudah tergores dan tidak akan menimbulkan bercak tangan ketika disentuh. 

Dengan demikian, zincalume menjadi atap yang populer yang dipakai pada bangunan perkotaan dengan desain minimalis. Bahkan, juga banyak digunakan sebagai atap pabrik, garasi atau kanopi, hingga perumahaan. 

Lalu, Apa Keunggulan Atap Ini?

Melihat kekuatan material dari atap tersebut, sudah jelas pasti memiliki banyak kelebihannya. Jika, Anda sedang membangun rumah, atap jenis ini bisa menjadi pilihannya. Simak penjelasan keunggulan atap zincalume di bawah ini.

  1. Anti Karat dan Korosi

Atap zincalume mengandung antara perpaduan zinc, aluminium, baja ringan, dan resin yang membuatnya tahan karat dan korosi. Tak hanya itu, zincalume juga memiliki lapisan yang tidak mudah tergores oleh gesekan. Lecet akibat gesekan maupun goresan menjadi salah satu faktor utama material berbahan besi dan baja mudah mengalami karatan. 

  1. Ringan, Mudah Dibentuk, dan Dipotong

Salah satu bahan dari zincalume adalah silikon. Dengan demikian, atap jenis ini memang sangat mudah dibentuk dan dipotong. Terlebih, material zincalume yang ringan mudah diaplikasikan menjadi apapun. Salah satunya, dapat digunakan sebagai dinding ruangan.

  1. Tahan Terhadap Cuaca

Proses pembuatan zincalume pada suhu permukaan 600OF, sehingga atap mampu bertahan dari cuaca panas atau ekstrem sekalipun. Ketahanan terhadap panas pun mencapai 135 derajat.  Meskipun sering terkena panas dan hujan, ternyata tidak membuat warna atap ini mudah berubah. Jika warna berubah tidak perlu khawatir, karena lapisan resin membuatnya mudah dicat ulang. 

  1. Dapat Memantulkan Suhu Panas

Selain tahan akan cuaca panas, atap zincalume juga mampu memantulkan hawa panas matahari. Terdapat lapisan pavipasi yang membuat permukaan menjadi warna perak mengkilap. Hal ini yang dapat memantulkan cahaya dari terik matahari secara maksimal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *