Ilsutrasi penambangan batubara oleh jasa eksplorasi batu bara
Mining

Simak! Berikut Gambaran Pekerjaan Dari Jasa Eksplorasi Batu Bara

Kali ini kita akan membahas bagaimana proses pekerjaan yang dilakukan pelaku jasa eksplorasi batu bara yang merupakan bagian penting dalam menemukan potensi daerah penghasil batu bara. Penasaran? Berikut penjelasannya.

Perencanaan Eksplorasi

Pada tahap perencanaan, biasanya pelaku jasa eksplorasi batu bara terlebih dahulu harus memperoleh izin eksplorasi dari lembaga terkait. Setelah izin diperoleh barulah boleh melakukan kegiatan perencanaan untuk pelaksanaan eksplorasi. 

Hal pertama yang dilakukan biasanya adalah survey tinjau. Prosedur ini dilakukan untuk mengidentifikasi lokasi yang sekiranya memiliki prospek cadangan batu bara. Untuk melakukan proses ini diperlukan studi literasi terkait struktur geologi, peta daerah penghasil batu bara dan juga kegiatan-kegiatan eksplorasi lainnya yang sudah pernah dilakukan sebelumnya di lokasi-lokasi prospektus.

Pekerjaan berikutnya adalah melakukan survey awal untuk melakukan pemetaan topografi yang bertujuan menemukan tanda-tanda pertambangan batu bara yang dituju dan juga daerah persebarannya. Dalam tahap ini dilakukan uji bor yang memperjelas indikasi lokasi batu bara.

Pelaksanaan Teknis Eksplorasi

Setelah perencanaan dirasa cukup akan dilakukan eksplorasi awal. Tujuannya adalah untuk untuk melakukan penyelidikan umum dan memperoleh gambaran awal dari persebaran cadangan batu baru di darah prospektus. Proses ini membandingkan data-data literasi pada tahap perencanaan dengan kondisi lapangan yang sebenarnya. Yang diharapkan dari proses ini adalah untuk menentukan kelayakan ekonomis suatu titik daerah penghasil batu bara. Apabila dirasa layak maka proses eksplorasi akan dilanjutkan.

Eksplorasi detail dilakukan sebagai langkah eksplorasi lanjutan di lokasi prospektus pemanfaatan batu bara. Proses yang dilakukan berupa melakukan uji bor pada titik yang lebih banyak. Dari proses ini diperoleh data yang lebih rinci mengenai data sebaran dan juga volume cadangan batu bara yang dapat ditambang oleh perusahaan batu bara. 

Selain itu, melalui eksplorasi sample ke lebih banyak titik uji coba ini didapat informasi lebih detail dan akurat mengenai kedalaman, kemiringan dan ketebalan dari cadangan batu bara. Ini sangat penting untuk membantu perusahaan dalam merencanakan prosedur kerjanya nanti saat penambangan yang sebenarnya.

Analisis dan Pelaporan Data Hasil Eksplorasi

Setelah prosedur awal dan pelaksanaan lapangan dilakukan, langkah terakhir adalah melakukan pengolahan data hasil pelaksanaan teknis eksplorasi. Perhitungan dan analisis yang melibatkan tenaga ahli profesional terhadap data lapangan ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi perusahaan batu bara.Selanjutnya, hasil analisis tadi harus disajikan dalam bentuk laporan sesuai standar pelaporan eksplorasi batu bara.

Saat ini banyak sekali perusahaan penyedia jasa eksplorasi yang menjadi bagian dalam bisnis raksasa batu bara. Melihat gambaran pekerjaan di atas, pekerjaan ini tidak bisa dibilang main-main. Harapannya adalah mereka bisa menjadi penyedia informasi yang baik sehingga sumber daya batu bara dapat digunakan secara maksimal dan efisien.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *