kanal u baja ringan
Bahan bangunan,  Baja

Macam – Macam Penggunaan Kanal U Baja Ringan Untuk Struktur Sebuah Bangunan

Kanal U baja ringan adalah salah satu produk yang terdiri dari beberapa jenis ukuran dan bisa dipakai untuk bermacam-macam kebutuhan. Pemanfaatan baja ringan kanal U ini biasanya dalam proyek bangunan kecil maupun besar. 

Pembangunan Rumah Gandeng dan Rumah Baja

Rumah gandeng atau biasa disebut dengan trailer bisa dibilang memang masih sangat minim ditemukan di Indonesia. Namun, masih ada yang menerapkan konstruksi baja ringan dengan desain rumah yang seperti ini. Penggunaan bajanya bukan hanya terletak di frame maupun sekedar atap rumah saja. 

Kamu dapat menggunakan baja ringan ini untuk membuat tempat tidur dan berbagai bagian rumah yang lainnya. Baja ringan yang satu ini juga bisa untuk lebih memberikan kekuatan pada lantai trailer maupun atap dan juga dinding rumah sehingga akan lebih bisa tahan lama. 

Atap Sebuah Bangunan

Kanal U baja ringan ini nyatanya sangat begitu cocok digunakan untuk membuat sebuah atap bagian rumah dan juga berbagai macam bangunan lain. Untuk memasang atap yang ringan, baja ringan atap kanal U dapat digunakan sebagai kasok yang akan memberikan daya sokong yang begitu baik untuk atap rumah kamu. 

Memilih menggunakan baja ringan dibandingkan dengan kayu, maka kasok akan jauh lebih ringan dan menjadi lebih kecil walaupun masih sama-sama dapat menahan beban yang setara dengan penggunaan kasok kayu. 

Jika kita membandingkannya dengan kayu, baja ringan kanal U ini memiliki usia yang akan jauh lebih panjang dan juga lebih kuat. Material yang satu ini tidak akan mudah untuk di makan oleh rayap, jamur atau terpengaruh dengan kelembaban. Selain itu kanal U baja ringan inj juga sering digunakan untuk membuat bubungan sebuah rumah dan akan lebih bisa untuk mempermudah sambungan di antara kasok pada dek dari atas menuju ke bawah. 

Dinding

Karena memiliki ukuran baja ringan yang begitu beragam sehingga bisa membuatnya untuk digunakan dalam pembuatan dinding yang berfungsi sebagai workshop, gudang bangunan, garasi dan lainnya selayaknya tiang kayu yang konvensional. Menggunakan baja ringan kanal U ini akan memberikan kamu berbagai macam keuntungan. 

Hal tersebut dapat terjadi karena baja kanal U ini bisa menahan beban vertikal dengan begitu baik. Jika dibandingkan dengan tiang kayu tiang yang terbuat dari baja kanal U ini akan lebih kokoh. Hanya saja jika ingin menggunakan tuang dari baja ringan kanal U akan lebih membutuhkan waktu yang lama karena begitu sulit, yang mana harus melewati berbagai macam proses terlebih dahulu. Proses tersebut adalah pengelasan, pemasangan untuk baut dan tidak hanya bisa sekedar seperti menancapkan sebuah paku saja. 

Kerangka Pintu Dan Jendela

Jika kamu tidak ingin frame pintu untuk mudah terkena rayap maka kamu bisa menggunakan frame pintu kanal U baja ringan karena akan menjadi lebih aman dan tahan lama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *