atap bangunan menggunakan besi kanal c
Besi

Pembuatan, Ukuran, dan Penggunaan Besi Kanal C untuk Atap

Besi kanal C untuk atap atau yang dikenal dengan besi kanal UNP, memiliki bentuk seperti datar pada bagian tengah dengan lengkungan di kedua bagian ujungnya, seperti huruf C.

Dibandingkan dengan baja ringan, besi kanal C memiliki sifat yang lebih kuat. Material ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, sehingga dihasilkan sifat material yang kokoh untuk bangunan.

Pembuatan besi kanal C

Besi kanal C dibuat menggunakan teknologi canggih, sehingga hasilnya adalah bahan bangunan yang memiliki ketahanan tinggi, terutama untuk bangunan industri.

Pertama, dilakukan pemotongan bahan lembaran besi. Selanjutnya, dilakukan penekukan pada kedua ujung bahan yang gunanya adalah membentuk kanal menyerupai huruf C. Ini dilakukan menggunakan teknologi tertentu, sehingga hasilnya akan presisi pada kedua sisinya. Selanjutnya, dilakukan pendinginan pada besi sebagai tahap akhir.

Ukuran besi kanal C

Ada banyak variasi besi kanal C yang tersedia di pasaran. Variasi ini terdapat pada ukuran besi kanal C. Untuk ukuran panjang biasanya adalah 6 meter, sementara lebar dan ketebalan yang bervariasi. Lebar besi kanal C mulai dari 6 mm hingga 200 mm. Sementara untuk ketebalan, tersedia ukuran 1,6 mm hingga 3,2 mm.

Dengan ukuran yang berbeda-beda tersebut, besi kanal C pun memiliki harga yang beragam pula di pasaran.

Penggunaan besi kanal C

Besi kanal C untuk atap biasanya digunakan pada bangunan besar, seperti gedung,ataupun perindustrian. Sementara untuk rumah, orang-orang akan cenderung menggunakan baja ringan kanal C. Ini dikarenakan besi kanal C memiliki bentuk yang lebih besar dan lebih berat.

Besi kanal C biasa juga digunakan untuk pagar, purlin pondasi bangunan, rangka kanopi, pelindung tembok, keperluan arsitektur hingga komponen untuk otomotif.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan besi kanal C pada toko bangunan di sekitar lokasi Anda berada. Material ini bukanlah material yang sulit ditemukan. Pilih yang berkualitas, bisa dengan meminta rekomendasi merk dari penjualnya langsung ataupun kepada ahlinya. Semakin terkenal reputasi merek, tentu harganya akan semakin mahal pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *