pertimbangan pengajuan kpr dengan cara menghitung bunga bank
Kredit

Cara Menghitung Bunga Bank Sebelum Melakukan Pengajuan Kredit Pemilikan

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan sebuah jalan alternatif bagi kalian yang ingin memiliki sebuah rumah namun dengan cara mengajukan cicilan, Namun ada beberapa pertimbangan yang harus diketahui terlebih dahulu seperti cara menghitung bunga bank yang diberikan oleh pihak penyedia KPR. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan anda sebelum mengajukan KPR.

Rumah

KPR merupakan jenis kredit yang disediakan oleh pihak bank kepada nasabah yang mempunyai tujuan untuk melakukan pembelian properti. Dengan KPR kita dapat melakukan pembelian rumah dengan cara dicicil sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati.

Sebelum melakukan pengajuan alangkah baiknya kita melakukan beberapa persiapan termasuk cara menghitung bunga bank kpr dan persiapan lainya seperti:

Mengetahui jumlah besaran uang muka

Besaran uang muka yang ditetapkan oleh bank Indonesia yaitu sebesar 15% untuk pengambilan rumah pertama serta penambahan 5% untuk pengambilan rumah berikutnya. Besaran uang muka ini merupakan patokan maksimal sehingga bank dapat memberikan besaran uang muka di bawah ketetapan tersebut.

Ketahui Biaya Provisi yang dikenakan oleh bank

Biaya ini merupakan biaya yang dikenakan untuk balas jasa kepada pihak bank yang diberikan kepada debitur atas persetujuan pengajuan kredit, atau umumnya biaya ini sering dianggap dengan biaya administrasi. Biasanya bank mengenakan besaran biaya provisi ini sebesar satu persen dari jumlah pokok kredit dan hanya dikenakan pada saat awal proses pencairan.

Menghitung Jumlah Besaran Harga pajak Pembelian Rumah

Hal selanjutnya sebelum mengajukan KPR yaitu mengetahui besaran pajak pembelian rumah.

Besaran pajak ini biasanya berbeda di tiap daerah oleh sebab itu kamu harus mengetahui NJOPTKP yang berada di daerah tempat kamu tinggal. Rumus nya yaitu: Besaran persentase pajak x (harga dari rumah – Besaran NJOPTKP)

Hitunglah Jumlah Biaya Balik Nama

Hal ini berlaku jika kamu membeli rumah bekas, maka dari itu kamu harus melakukan proses balik nama yang dapat dilakukan di kantor BBN.

Kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 50.000. Jumlah besaran biaya balik nama bisa diketahui dengan rumus (1/100 x harga unit rumah) + besaran biaya admin.

Mengetahui biaya bunga KPR

Setelah proses tadi hal selanjutnya yang wajib kamu ketahui sebelum mengajukan KPR yaitu mengetahui Cara menghitung Bunga Bank KPR. Tiap bank memiliki kebijakan yang berbeda dalam menentukan biaya bunga kredit, maka dari itu kamu harus cermat memilih bunga yang diberikan bank supaya tidak meleset dari budget yang dimiliki. Besaran bunga tersebut terbagi kedalam beberapa jenis bunga ada yang harus dibayar dengan cicilan yang sama besarnya pada tiap bulan atau yang sering disebut dengan bunga flat, cara menghitung bunga bank flat yaitu: (bunga x kredit)/jumlah jangka waktu pembayaran.

Selain bunga flat ada juga bunga efektif yang memiliki perbedaan jumlah angsuran tiap bulannya, dimana tiap bulan jumlah angsuran semakin mengecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *