Ilustrasi genteng
Bahan bangunan

Rumah Modern Harus Pakai Genteng Metal Pasir!

Atap rumah di Indonesia rata – rata masih menggunakan genteng tanah merah. Walaupun genteng tradisional ini murah dan cukup baik digunakan, Anda sebaiknya ganti pakai genteng metal pasir. Untuk mengetahui alasannya harus ganti, mari bahas sekilas pada artikel berikut ini, terutama untuk mengetahui ukuran genteng metal pasir!

Genteng Tanah Liat Murah Tapi Memiliki Banyak Kelemahan

Kelebihan menggunakan genteng tanah liat adalah harganya yang murah. Jika dibandingkan harga genteng metal pasir bisa berbeda beberapa ratus Rupiah saja per gentingnya. Namun saat beli borongan untuk bangun rumah, perbedaan ratusan Rupiah ini bisa menumpuk banyak. Untuk mereka dengan budget terbatas, hal ini pasti memberatkan.

Selain harganya, tanah liat juga unggul dalam hal estetik. Untuk rumah – rumah gaya Jawa kuno, tampilan genting tanah liat ini adalah yang paling pas. Jadi tidak aneh jika banyak masyarakat masih sering gunakan genting ini.

Di sisi lain, genting tanah liat memiliki banyak kelemahan. Pertama adalah daya tahannya. Genteng tanah liat mudah sekali pudar warnanya. Bagi beberapa orang, tampilan warna yang cerah sangat penting untuk penampilan rumah. Percuma jika punya rumah bagus tapi atapnya terlihat kotor karena warna yang pudar.

Untuk bangunan rumah modern, masalah penampilan dan kekuatan sangat penting. Jadi tidak aneh banyak orang masih memandang genteng metal pasir murah daripada harus sering lakukan perbaikan.

Genteng Metal Pasir Menjadi Pilihan yang Lebih Baik

Kelemahan yang dimiliki genting tanah liat tersebut tentu tidak pas untuk kebutuhan rumah modern. Rumah modern harus mampu hadapi berbagai masalah cuaca dan kondisi seiring perubahan iklim global.

Situasi cuaca ekstrim di Indonesia sudah sering terjadi. Jika rumah Anda mudah rusak gentingnya karena hal ini, tentu kerugian bisa besar. Genting tanah liat bisa pecah dengan perubahan suhu ekstrem tiap harinya. Jika harus ganti tiap tahunnya karena tidak awet, pengeluaran Anda bisa besar dalam jangka panjang.

Tapi jika dibandingkan, genteng metal pasir lebih baik dalam hadapi situasi cuaca ekstrem. Karena terbuat dari metal, kekuatannya juga sangat tinggi. Baik gangguan angin, panas dan dingin akan sulit membuat material ini lapuk.

Selain kekuatannya, tampilan genteng ini bisa disesuaikan menurut selera. Genteng tanah liat hanya bisa tampil dengan warna kecokelatan, tapi genteng metal bisa warna-warni. Warna ini juga tidak akan tumpul dan pudar karena cuaca. Jadi tampilan atap rumah Anda akan selalu tampil menarik.

Timbang dan Konsultasikan Dulu Sebelum Memutuskan

Dari informasi di atas, Anda sekarang tahu bahwa genteng metal lapisan pasir adalah pilihan baik untuk rumah modern. Namun di sisi lain, Anda juga harus cermat memilih sendiri. Jika Anda membangun rumah sederhana model tradisional dengan budget mepet, memaksakan pakai genteng metal tidak dianjurkan.

Anda diskusi dan timbang dulu antara kemampuan dan kebutuhan Anda. Memang genteng metal pasir akan lebih baik, tapi jika budget tidak cukup, apakah mau dipaksakan. Artikel ini hanya memberikan informasi agar Anda bisa lebih cermat memilih kebutuhan bangunan rumah Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *