Ilustrasi Cetak Buku Tahunan Murah
Percetakan

Cetak Buku Online? Siapkan 4 Hal Ini Untuk Mendapatkan Hasil yang Sempurna

Cetak Buku tahunan murah kini tidak hanya dilakukan di penerbit – penerbit lama yang mengharuskan kita untuk melalui proses birokrasi yang rumit, mulai dari seleksi naskah, proses penyuntingan, minimal cetak yang banyak hingga harus mendatangi lokasi penerbitan setiap hari untuk berkonsultasi seputar naskah dan cetakan buku.

Sekarang proses pencetakan buku sudah bisa dilakukan sendiri tanpa harus melalui segala kerumitan proses seperti di atas. Salah satunya adalah melalui cetak buku online. Nah, agar anda mendapatkan hasil cetakan yang sempurna, simak dulu 4 hal dibawah ini.

Naskah Siap Cetak

Sebelum cetak buku tahunan murah via online, pastikan bahwa naskah yang anda kirim sudah siap cetak. Dalam artian bahwa naskah anda telah melalui proses penyuntingan. Ini karena pihak percetakan hanya mencetak naskah tanpa melakukan proses penyuntingan lagi terhadap naskah anda.

Agar naskah anda benar – benar siap cetak, anda bisa meminta bantuan beberapa teman untuk menyunting naskah anda sebelum di kirim ke penerbit secara online.

Desain Cover dan Lay – Out Halaman

Langkah kedua yang harus anda lakukan sebelum mengirim naskah ke penyedia jasa cetak buku online adalah pastikan lay – out halaman serta desain cover sudah benar – benar sempurna. anda bisa melakukan ini dengan beberapa aplikasi editing untuk mendesain cover buku anda, 

sementara untuk lay – out halamannya, jika anda belum bisa melakukannya sendiri, anda bisa meminta bantuan kepada teman yang sudah pernah atau sering cetak buku tahunan murah sendiri secara online. Setelah semuanya telah siap, naskah siap untuk di kirim.

Daftar ISBN

Langkah selanjutnya adalah daftar ISBN (International Standard Book Number) yang merupakan penanda buat buku anda. biasanya ISBN ini terletak di bagian belakang cover buku. anda bisa mendaftarkannya dengan membuka laman isbn.perpusnas.go.id atau anda bisa mengkonsultasikannya dengan penerbit, biasanya mereka juga menyediakan jasa ini terutama buat orang yang hanya melakukan cetak buku satuan.

Siapkan Budget

Langkah terakhir dan yang paling menentukan sebelum cetak buku baik secara online ataupun offline adalah anggaran. Setelah menyiapkan segala keperluan untuk percetakan buku dengan pihak penerbit, umumnya hal – hal yang masuk kedalam harga cetak buku tahunan murah yang akan dihitung adalah jenis kertas, kerumitan desain cover, serta jumlah exemplar yang akan dicetak. langkah selanjutnya adalah siapkan budget sesuai yang disepakati dan dapatkan hasil karya anda sendiri dalam bentuk buku siap baca.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *