ilustrasi mesin espresso
Mesin Espresso Otomatis

Ketahui Tahapan Membuat Kopi Kekinian Dengan Menggunakan Cafe Espresso Machine

Beberapa orang menganggap bahwa espresso yang dibuat dengan mesin manual rasanya akan lebih nikmat. Namun, cara kerja yang manual tersebut membutuhkan usaha lebih banyak jika dibandingkan dengan cara membuat kopi menggunakan mesin espresso otomatis.

Membuat kopi akan jadi lebih cepat dan efisien dengan menggunakan cafe espresso machine dengan sistem kerja otomatis. Apa saja yang perlu diketahui jika Anda memutuskan untuk menggunakan mesin espresso otomatis? Di bawah ini akan dijelaskan tahapan-tahapan pengoprasiannya.

Instruksi Cara Memakai Mesin Espresso Otomatis

Untuk keperluan memakai mesin espresso, setidaknya ada 7 tahapan penting yang perlu Anda pelajari untuk membuat enak ala cafe.

  1. Panaskan mesin espresso sebelum digunakan dengan menyalakannya beberapa menit sebelum dipakai. Waktu yang disarankan setidaknya 25 menit.
  2. Sambil menunggu mesin sampai panas, Anda bisa menyiapkan biji kopi untuk digiling nantinya.  Ukuran kehalusan biji kopi bisa diatur pada ukuran fine grind.
  3. Setelah dihaluskan, letakkan bubuk pada portafilter yang sudah dibersihkan dan ratakan permukaan bubuk menggunakan tangan.
  4. Setelah diletakkan ke dalam portafilter dan diratakan, padatkan bubuk menggunakan tamper sampai bubuk kopi jadi padat merata.
  5. Jika sudah tidak ada bubuk kopi yang berceceran, letakkan portafilter pada  group head untuk kemudian diproses oleh mesin setelah tombol pemrosesan dinyalakan.
  6. Letakkan gelas di bawah portafilter untuk menampung espresso yang keluar dari mesin.
  7. Pindah espresso pada gelas saji. Di sini Anda bisa menambahkan susu yang sebelumnya sudah di steam ke dalam espresso yang sudah Anda buat. Perhatikan suhu panas ketika steam susu supaya tidak terlalu panas atau kurang panas.

Perawatan Aksesoris Mesin Espresso

Apabila kopi sudah jadi, alat-alat yang Anda pakai harus segera dibersihkan agar tidak meninggalkan bekas kopi pada permukaannya. Pemakaian sabun cuci tidak disarankan dalam pembersihannya, cukup dengan air biasa atau air hangat dan digosok hingga permukaan alat bersih. Pastikan alat-alat tersebut dilap sampai kering agar noda air tidak terlihat dan mengganggu penampakan mesin. Selain itu, aksesoris cafe espresso machine yang dirawat dengan baik akan tahan lama dan membantu Anda menghasilkan kopi dengan kualitas yang terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *