toefl
Pendidikan

Mengenal Karakteristik TOEFL ITP Dan IBT

Terdapat beberapa test TOEFL yang diikuti oleh masyarakat, diantaranya adalah toefl itp dan IBT. Kedua program test ini memiliki karakteristik dan kegunaan masing-masing yang perlu anda ketahui sebelum mengikuti test TOEFL. 

Perbedaan TOEFL ITP dan IBT 

Hal mendasar yang bisa dipahami dari perbedaan  TOEFL ITP dan IBT adalah karakteristik kedua test tersebut. TOEFL ITP adalah kepanjangan dari Institutional Testing Program yang merupakan salah satu jenis test TOEFL yang sering dijadikan syarat akademis maupun pekerjaan. Jenis test ini juga digunakan untuk personal atau menilai efektivitas kursus bahasa Inggris

IBT adalah Internet BasedTest yang merupakan salah satu jenis TOEFL test yang dilakukan secara online. Dengan demikian program ini menjadi teknologi yang menggantikan program test TOEFL Paper BasedTest (PBT).  

Test TOEFL ITP Online 

Lembaga yang menangani test TOEFL ITP adalah  Educational Testing Service atau ETS yang berada di New Jersey, Amerika Serikat.  Di Indonesia sendiri pemegang lisensi yang resmi adalah Indonesian International Education Foundation atau IIEF. 

Semenjak pandemic Covid-19, ETS kemudian mengembangan format test versi digital yang dikenal dengan sebutan TOEFL ITP Online Remote Proctoring. Versi digital ini memungkin test dilaksanakan secara online di rumah peserta. 

Persyaratan untuk mengikuti testtoeflitponlinediantara lain: 

  • Memiliki perangkat test laptop atau komputer dengan syarat; perangkat dilengkapi dengan webcam dan berfungsi baik, serta memiliki spesifikasi minimal windows 8.1 atau 10. 
  • Pelaksanaan test dilakukan secara daring selama kurang lebih 3 jam 
  • Peserta tidak bisa menggunakan smartphone 
  • Perangkat Chromebooks dan Macintosh tidak bisa digunakan 
  • Peserta akan diawasi dengan menggunakan aplikasi Zoom. Peserta wajib menggunakan HP selama test untuk Zoom. 
  • Briefing dilakukan 30 menit sebelum test melalui aplikasi Zoon. Link Zoom akan dikirim kepada peserta 45 menit sebelum test 
  • Peserta wajib mendownload aplikasi test dan Edge Webview. 
  • Memiliki jaringan internet yang stabil minimal 5 GB dan sebisa mungkin ada cadangan internet. Internet bisa menggunakan Wifi atau selular hotspot namun tidak bisa menggunakan Indihome 
  • Hasil test akan dikirim setelah 7 hari dari tanggal test. 

Masa Berlaku Sertifikat Toefl ITP 

Keuntungan utama dari mengikuti test TOEFL ITP online adalah hasil test skor yang langsung keluar setelah test berakhir. Setelah anda mengikuti testToefl dan dinyatakan lulus, maka sertifikat akan dikirim ke tempat anda. Sertifikat digital akan dikirimkan melalui email. Masa berlaku sertifikat toefl itp adalah dua tahun. 

Jika anda ingin mengikuti test toefl ITP untuk keperluan kerja atau pendidikan, maka anda bisa mencari informasi melalui penyelenggara berlisensi seperti universitas, akademi, LPK dan lainnya. . Pastikan lembaga penyelenggara Toefl itp memenuhi syarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *