p2p lending
Finance

Pahami Hal-Hal Berikut Sebelum investasi P2P Lending

Memiliki uang menganggur, dan ingin beternak uang tersebut? Investasi solusinya. Sekarang ini sudah banyak platform dan jenis investasi yang beredar di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah p2p lending. Meskipun menjanjikan return yang tinggi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai berkecimpung dalam peer to peer lending.

Tips Memulai P2P Lending

  • Pastikan Terdaftar OJK

Pastikan platform investasi yang anda gunakan bukan investasi bodong, dan terdaftar serta terawasi Otoritas Jasa Keuangan. Dengan berinvestasi di platform fintech p2p lending yang terdaftar di bawah pengawasan OJK, keamanan uangmu tentu terjamin dari resiko dibawa lari. 

Oleh sebab itu, kamu perlu untuk memeriksa platform yang sudah terngiang-ngiang di kepala, apakah sudah resmi terdaftar di bawah Otoritas jasa Keuangan.

  • Cari Platform yang Informatif

Dalam berinvestasi, informasi adalah hal yang sangat penting. Karena peer to peer lending tergolong masih baru dalam dunia investasi, maka diperlukan edukasi yang intens, supaya masyarakat tidak asal mengartikan tentang model investasi ini, dan agar para lender tidak ragu untuk menginvestasikan uangnya. 

Salah satu yang menjadi indikator platform yang digunakan informatif, adalah rutin memberikan informasi melalui media yang dimilikinya, termasuk media sosial. Platform yang memiliki media sosial aktif, tentu memiliki daya tarik sendiri bagi para calon lender, karena terlihat menjanjikan.

  • Pilih Platform dengan Peminjam Berkualitas

Sering kali, para lender di p2p lending tidak memahami dengan perusahaan atau peminjam yang hendak didanainya. Namun tidak perlu khawatir, karena platform peer to peer lending yang bagus, sudah akan menyeleksi para peminjamnya.

Biasanya pertimbangan ini dilakukan sekaligus dengan penyesuaian tingkat risiko yang mungkin terjadi. Dengan pertimbangan inilah, platform peer to peer lending akan menyediakan informasi tentang kelayakan peminjam kepada pemberi pinjaman.

  • Pilih Platform yang Memudahkan Diversifikasi

Untuk memperkecil risiko uang Kembali karena gagal membayar, maka diversifikasi pinjaman benar-benar diperlukan. Karena itu, banyaknya peminjam berkualitas, yang bekerja sama dengan platform peer to peer lending, menjadi salah satu indikator kualitas platform tersebut.

Yang menjadi masalah, banyak lender yang berusaha mendapatkan keuntungan sebesar mungkin, tetapi sering kali enggan mempelajari risiko yang mungkin terjadi dalam p2p lending investasinya. 

  • Pilih Platform yang Memulai dengan Dana Minim

Untuk belajar dan mendalami investasi, pasti diperlukan waktu. Karena itu, untuk para investor pemula, jangan langsung mengalokasikan banyak dana, tetapi pelajari sedikit demi sedikit dengan modal kecil. Dewasa ini, sudah banyak platform lending yang memfasilitasi investasi meskipun dengan dana yang minim.

 Lebih jauh lagi, platform lending berkualitas juga menyediakan p2p lending calculator, untuk memperkirakan hasil yang didapat setelah dana cair.

Itulah ulasan singkat tentang tips dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai berinvestasi di p2p lending.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *