menggunakan chatbot whatsapp untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan
WhatsApp

Cara Mudah Membuat Chatbot Whatsapp Untuk Bisnis Anda

Chatbot WhatsApp merupakan perangkat lunak yang berbasis artificialintelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang terintegrasi dan berjalan di dalam platform pesan instan WhatsApp. Chatbot yang nantinya akan membantu anda sebagai pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan dengan mudah dan secara instan melalui obrolan pesan teks atau chat.

Membuat Chatbot WhatsApp

Kenapa menggunakan whatsapp? Menurut data yang ada, aplikasi whatsapp dari Facebook dari tahun 2020 hingga 2021 mengalami peningkatan jumlah pengguna yang cukup signifikan. Jumlahnya dibilang sangat besar jika dibanding dengan kompetitor lainnya, yakni sebesar 40%. Melihat fakta tersebut, wajar saja WhatsApp menjadi platform chatting yang paling populer di seluruh dunia hingga saat ini. Adapun cara membuat chatbot whatsappadalah sebagai berikut.

  1. Download Aplikasi Whatsapp Versi Business

Pertama – tamaanda harus memiliki aplikasi WhatsApp versi Business terlebih dahulu, dan meng-install di dalam gadget anda. Aplikasi ini diciptakan dengan tujuan utamanya adalah untuk mempermudah pelayanan pelanggan serta meningkatkan pengalaman pelanggan. Sehingga kini WhatsApp versi Business banyak digunakan dalam berbagai bidang usaha.

  1. Membuat Akun Bisnis Official

Setelah aplikasi ter-install, anda belum bisa langsung menggunakan chatbot whatsapp karena harus membuat akun bisnis terlebih dahulu. Pastikan anda mendaftarkan sebagai Pengelola Bisnis serta melakukan proses Verifikasi Bisnis.

Pastikan anda menggunakan nama bisnis yang sesuai dengan yang anda miliki, tidak mengada – ada, dan telah memenuhi segala persyaratan yang ada. Perlu andaketahui, akun whatsapp bisnis tidak dapat diubah lagi, jadi pilih nama akun dengan baik.

  1. Merancang Simulasi Percakapan

Ini merupakan langkah penting yang tak boleh anda lewatkan. Karena dengan ini, anda dapat memastikan chatbot dapat menjawab dan memberikan respon untuk pelanggan – pelanggan andadengan tepat. Anda dapat memulainya dengan merancang segala bentuk simulasi informasi yang akan chatbot berikan sebagai respon. Misalnya, informasi umum mengenai usaha anda, informasi mengenai produk dan ketersediaan, prosedur transaksi dan pembayaran, hingga pertanyaan penting lainnya.

Merancang simulasi chatbotsangatlah penting. Sehingga anda harus benar – benar mengonsep dan merencanakan percakapan yang diatur dalam chatbot whatsapp. Tak hanya untuk whatsapp bisnis saja, chatbot untuk platform lain pun sama pentingnya.

  1. Melengkapi Profil, Deskripsi Dan Fitur Pemesanan Produk

Agar meyakinkan dan mempermudah calon pelanggan, anda pun wajib mencantumkan profil bisnis, deskripsi produk, hingga fitur pemesanannya. Ini merupakan hal yang sangat mendasar, mulai dari nama, jenis dan kategori bisnis, deskripsi, hingga fitur pemesanan produk.

  1. Integrasikan Chatbot

Langkah terakhir adalah melakukan integrasikan chatbot dengan whatsapp business anda. Dengan begitu anda dapat menikmati layanan dan keuntungan dari menggunakan chatbot whatsapp. Dengan begitu bisnis anda siap berjalan, dan chatbot sudah siap untuk melayani para pelanggan anda. Berarti peranan anda kini fokus pada kualitas dan distribusi produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *